Shalat Sunnah Sesudah Wudhu

Shalat sunnah sesudah wudhu besar sekali pahalanya. Berkaitan dengan hal ini, sebuah hadis dari Uqbah bin Amir menyatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ بِقَلْبِهِ وَ وَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ (رواه مسلم, أبو داود, النسائي, و ابن خزيمة)

“Seseorang yang berwudhu dan mengerjakan wudhunya dengan baik dan mengerjakan shalat dua rakaat dengan ikhlas dan tenang karena Allah niscaya ia akan mendapatkan surga.” (HR Muslim, Abu Daud, Nasa’i, dan Ibnu Khuzaimah)

 

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ بِقَلْبِهِ وَ وَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ (رواه مسلم, أبو داود, النسائي, و ابن خزيمة)

About these ads

9 Komentar

Filed under Semakin Mendekat

9 responses to “Shalat Sunnah Sesudah Wudhu

  1. Assalaamu’alaikum Mas Amazzet…

    Tidak ada satupun yang tertinggal walau sekecil zarah diperhitungkan Allah SWT baik pahala atau dosa. Sungguh Maha Penyayang Allah untuk memudahkan manusia memasuki syurgaNya yang teramat indah.

    Subhanallah, dengan menunaikan sholat sunat selepas berwudhuk sahaja kita boleh masuk syurga. betapa besar imbalan hanya dengan wudhuk. Namun demikian berapa ramai yang mengetahui lalu melakukan untuk mengejar syurga.

    Saya sungguh terkesan dengan hadis ini, mudahan kita semua akan berusaha untuk mencari sebanyak mana ruang pahala sebagai bekal ke kampung abadi dan berusaha menyelamatkan diri dan orang lain dari jilatan api neraka. Semoga Allah memudahkan kita untuk mencapai jannahNya dan selalu diredhaiNya.

    Terima kasih mas Amazzet atas pesanan yang mencerahkan jiwa ini.
    Salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.

    • Terima kasih banyak, Bunda Siti Fatimah Ahmad, atas tambahan catatan yang tentu sangat berguna bagi kita semua. Semoga dengan mengetahui fadhilah yang begitu besar dari shalat sesudah wudhu ini kita dengan senang hati dapat melaksankannya. Dengan demikian, kita akan dimasukkan dalam surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan. Allahumma amin.

      Salam terima kasih banyak dari Indonesia,

  2. ok

    bagaimana niat sholatnya pak? :) mohon pencerahannya

    • Niat adanya di dalam hati dikuatkan bersamaan dengan takbiratul ihram. Namun, bila ingin diucapkan secara lisan sebelum takbir untuk menguatkan hati agar jangan sampai lupa niat, berikut adalah niat shalat sesudah wudhu:

      أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوْءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعَالَى
      Ushallî sunnatal wudhû-i rak’ataini lillâhi ta’âlâ.

      Artinya:
      “Aku menyengaja shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  3. david prayoga

    jazakallah khoiran katsiron

  4. bagaimana dengan waktunya?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s