Memberi Makan Orang Berpuasa

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

Betapa keutamaan di bulan Ramadhan itu memang diberikan kepada orang-orang yang berbuat baik di dalamnya. Betapa tidak, barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tersebut dan ini tidak mengurangi sedikit pun pahala orang yang diberi makan untuk berbuka puasa tersebut.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

About these ads

48 Komentar

Filed under Hikmah

48 responses to “Memberi Makan Orang Berpuasa

  1. subhanallah,,
    betapa pahala Allah bertebaran di Ramadhan ini ya Ustadz..
    semoga bisa meraihnya dengan maksimal.. aamiin

  2. fi

    akh makanan yang dimaksud itu takjil saja apa makanan besar ya..? terus biar yang diberi menerima dng ikhlas (tanpa ada prasangka direndahkan) caranya bgmn ya?

    hehe syurkon pak..

    • Makanan yang dimaksud adalah setiap makanan yang dipakai untuk berbuka puasa. Mengenai takjil sendiri, arti sesungguhnya adalah menyegerakan untuk berbuka puasa. Lalu, bagaimana caranya? Tentu banyak cara bisa dilakukan, misalnya mengajak bersama untuk berbuka puasa dengan kita, mohon maaf ini sekadar berbagi, atau kita memberikan kepada jamaah yang sudah rutin mengadakan buka puasa bersama di masjid, panti asuhan, halaqah, dll.

  3. dwiewulan

    Ust, memberi makan pada yang berpuasa disini termasuk gak buat seorang ibu yang menyediakan d mempersiapkan makanan setiap hari pada saat berbuka dan sahur… ? pahalanya sama tdk..:)
    oya… kirimannya sudah sampai ust. terimakasih dan insyaAllah sangat bermanfaat..Aamiin :)

    • Seorang ibu yang mempersiapkan makan berbuka dan sahur untuk keluarga, insya Allah pahalanya juga besar. Mari kita lakukan dengan ikhlas dan senang hati. Apakah pahalanya sama dengan hadits di atas? Wallahu A’lam. Namun, barangkali berbeda, sebab yang dimaksud memberi makan untuk orang yang berbuka puasa adalah untuk orang lain. Ohya, alhamdulillah…. bila kiriman sudah sampai; semoga bermanfaat bagi kita bersama.

  4. kegiatan yang selalu saya tunggu ketika sedang tidak berpuasa, menyiapkan buka puasa untuk keluarga biar dapet pahala yang sama.. hehe :D

    selamat berbuka puasa pak

    • Alhamdulillah, meski sedang tidak berpuasa karena sedang berhalangan secara syar’i, insya Allah selalu saja ada amal baik yang bisa dilakukan agar mendapatkan pahala yang besar di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah….

  5. bulan ramadhan memang bulan yang penuh berkah…nenekku juga gitu…uda ga kuat puasa tapi tetap semangat masakin makanan buka puasa buat aku n kakek…. :)

  6. Semoga kita bisa mengisi bulan ramadhan ini dengan amalan2 yang baik, amin.
    Salam Kenal.
    http://cahjawi.wordpress.com/

  7. Sya

    Jadi, adakah yang mau beri saya makan? Anak kost nih, heheheh.

  8. Subhanallah.
    Sedemikian besar pahala yang kita peroleh

  9. di bulan yang penuh berkah seperti sekarang nii.. mari kita sama sama menjadi pribadi yang lebih menyenangkan dan baik lagi ust. iia :)

  10. postingan yang bagus…
    singkat dan jelas serta memberi manfaat bagi mereka yang berpuasa

  11. Di tempat saya takjilan dilaksanakan setiap hari di masjid, sebelum ramadhan sudah ditawarkan kepada masyarakat siapa aja yang mau memberi takjil.

    Alhamdulillah banyak yang berminat sehingga menu buka bersama di masjid setiap hari juga berganti variasinya

    • Alhamdulillah…, itu tradisi yang sangat baik sekali. Di tempat saya juga demikian. Semoga dengan berbagi di bulan Ramadhan semacam ini menjadikan kita semakin mempunyai kepedulian dengan sesama; sekaligus semakin ikhlas dalam beramal hanya karena Allah Swt.

  12. Subhanallah…
    Karenanya banyak kita lihat orang2 yang berlomba2 memberi ta’jil gratis :)

  13. hmmm yah sangat setuju sayah.. pa lagi berbuka dengan anak yatim

  14. di bulan yg suci ini sudah sepatutnya kita banyak berbuat kebaikan….

    salam persahabatan selalu dr menone

  15. ini lagi berusaha, semoga bisa memberi orang yang lagi puasa…

  16. Ping-balik: CT70. LMGS G2 – ULANG TAHUN PERTAMA 2011 « LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

  17. Terima Kasih pencerahannya pak Azzet :)
    Selamat menunaikan ibadah shaum semoga bija menjalankan dengan baik …

  18. saya ber puasa , tapi tdk pernah shalat tarawih, tdk pernah tadarus. . . Krna jadi pembantu china, masak babi. . . Mhn doa nya ustad untk ke baikan khdpan ku. Trmksh wasalam

    • Alhamdulillah…., yang penting bisa berpuasa, inilah yang wajib bagi orang yang beriman; sedangkan shalat Tarawih dan tadarus al-Qur’an, itu semacam tambahan yang sangat baik bila dilakukan. Bila tidak, tentu Allah Swt. mengetahui kemampuan kita secara maksimal. Maka, sungguh, saya berdoa kepada Allah Swt. agar senantiasa memberikan rahmat-Nya untuk Mbak Ati Lin.

  19. subhanallah, begitu mulianya orang yang memberikan makan kepada orang yang berpuasa….

  20. edfi

    wah kalau gitu kita bisa dong ga usah puasa, nanti sore kita kasih buka puasa buat orang yg berbuka aja, kan sama tuh pahala nya :)

  21. Assalamualaikum.wr.wb
    ustd saya mau tanya,
    dimasjid sekitar saya alhamdulillah takjilan berlimpah, jadi sering berlebihan, namun kelebihan takjilan itu saya beri pada waktu tadarus dimasjid.
    apakah yang saya lakukan itu mengurangi pahala orang yang memberi takjil..trims ustd postingnya.
    Wassalamualaikum. Wr. Wb.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Apa yang panjenengan lakukan ini adalah bagian dari sebuah upaya agar takjil yang melimpah tidak mubadzir. Ini tentu merupakan kebaikan dan insya Allah tidak mengurangi pahala orang yang memberikan takjil. Wallahu a’lam.

  22. Assalamualaikum wr.wb..
    saya mau bertanya pak ustadz, bagaimana bila kita umat muslim yang sedang berpuasa di bulan ramadhan, terhadap beberapa tukang/kuli bangunan yang tidak berpuasa dan sedang bekerja ditempat saya atau di tempat proyek pembangunan, apakah diperbolehkan misalkan saya memberi/menyediakan makan/minum kepada mereka yang tidak puasa itu, mohon pencerahannya dan bagaimana baiknya..
    Terima kasih..
    Wassalam

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Para Fuqaha’ (ahli fiqh) memperbolehkan meninggalkan puasa bagi para pekerja berat yang sangat terpaksa harus bekerja di siang hari Ramadhan demi mencukupi kebutuhan keluarganya. Namun, ia wajib mengqadha’ puasa yang ditinggalkannya di lain hari, setelah terlepas dari kesibukan yang melelahkan demikian itu. Maka, bila demikian adanya, bagi yang mempekerjakannya, dan bagian yang melekat dari kerja sama ini adalah memberinya makan, saya pikir ini tidak masalah. Namun, secara pribadi, saya lebih memilih untuk tidak membangun (yang membutuhkan tukang bangunan berat) di bulan Ramadhan.

  23. wahyu

    assalamu’alaikum ustadz,
    bila yang memberi makan itu non muslim, apakah ia juga dapat pahalanya?
    karena haditsnya berbunyi “barangsiapa” jd maknanya umum.
    terima kasih
    wassalamu’alaikum

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Bila nonmuslim yang memberi makan apakah juga dapat pahala, tentu hanya Allah yang tahu. Namun, hadits tersebut tentu yang dimaksudkan adalah orang Muslim. Sebab, iman dan amal shalih adalah sesuatu hal yang tidak terpisahkan. Demikian dan makasih banyak ya.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s