Kaitan Silaturahmi dengan Rezeki dan Umur Panjang

Menjalin silaturahmi adalah sebuah amalan yang penting untuk kita lakukan agar dikaruniai kelapangan rezeki oleh Allah Swt. Bukan hanya dikaruniai kelapangan rezeki oleh Allah Swt., sehingga kehidupan kita pun bisa menjadi kaya, ternyata dengan menjalin silaturahmi juga membuat kita dianugerahi panjang umur oleh Allah Swt.

Mengenai hal ini, marilah kita perhatikan sebuah hadits, yakni dari Anas r.a., ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

“Barangsiapa yang menyukai untuk mendapatkan kelapangan rezeki dan panjang umurnya, hendaklah ia menyambung hubungan dengan saudaranya (silaturahmi).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mendapatkan kelapangan rezeki dapat dipahami bahwa orang yang suka menjalin silaturahmi itu akan mempunyai banyak teman, kenalan, atau bahkan orang lain yang bisa menjadi dekat seperti saudara. Orang yang senang dalam menjalin silaturahmi akan mempunyai banyak relasi. Ia akan menemukan banyak kemudahan ketika melakukan sebuah usaha. Dengan demikian, rezekinya pun menjadi lapang.

Orang yang suka menjalin silaturahmi maka akan banyak mempunyai saudara. Sungguh, orang yang demikian hidupnya akan senang dan senantiasa bersemangat. Ketika ada masalah, maka ada saja yang membantunya. Atau, ia akan mempunyai banyak informasi dan peluang dari para relasinya. Dengan demikian, rezekinya pun menjadi lapang.

Akan tetapi, mendapatkan kelapangan rezeki bagi orang yang suka menjalin silaturahmi juga dapat dipahami secara apa adanya. Maksudnya, ya memang demikianlah ganjaran bagi orang yang suka menjalin silaturahmi. Allah Swt. akan memberikan kelapangan rezeki dari jalan mana saja. Itu semua adalah termasuk dalam kewenangan dan kekuasaan Allah Swt.

Demikian juga dengan anugerah yang berupa umur yang panjang. Ada yang memahami bahwa orang yang suka menjalin silaturahmi, maka namanya akan terus dikenang oleh banyak orang, meskipun ia telah meninggal dunia. Bisa juga dipahami bahwa umurnya memang dipanjangkan oleh Allah Swt. karena dengan banyak saudara maka hidupnya akan senang, hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan badannya, sehingga umurnya pun menjadi panjang. Atau, memang demikianlah ganjaran yang diberikan oleh Allah Swt. bagi orang yang suka menjalin silaturahmi. Allah Swt. adalah Dzat Yang Mahakuasa atas segala sesuatu, termasuk dalam hal ini adalah memberikan umur yang panjang kepada hamba-Nya yang suka menjalin silaturahmi.

Bagaimana seseorang memahami dua anugerah penting tersebut, demikianlah kenyataannya. Apa yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw. dalam sebuah hadits sahih yang telah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim di atas hendaknya kita yakini kebenarannya. Sekarang, mari bersegera mengamalkan apa yang telah disampaikan oleh junjungan kita Nabi Muhammad Saw., yakni menjalin silaturahmi.

Al-Faqîr ilâ Rahmatillâh,
Akhmad Muhaimin Azzet

About these ads

22 Komentar

Filed under Ibadah

22 responses to “Kaitan Silaturahmi dengan Rezeki dan Umur Panjang

  1. setuju sekali ustad….
    saya sudah merasakanya…

  2. sepakatlah, termasuk silaturahim lewat blog

  3. sangat suka. .

    bahwasanya orang selalu beranggapan dan mengaitkan rezeki selalu berkaitan dengan materi “uang”. .
    tapi tidak hanya rezeki materi, ada hal lain yaitu dengan silaturahmi kita akan ditambah rezekinya. . .
    rezeki sehat, waras dan bergas. . . ;)

    begitulah kata mamahku pak ustadz, jadi kalau idah sedang main kerumah teman ya pastinya mamah selalu tenang dirumah, karena itu sebagian dari silaturahmi. :lol:

    • benar sekali, Mbak Idah, rezeki tidak selalu bermakna dengan uang; banyak hal lain, misal kesehatan, terhindar dari bencana, adalah juga bagian dari rezeki — dan kita baru menyadari saat sakit ternyata mahal biaya berobatnya. wah…, kalo main ke rumah teman mamanya Mbak Idah jadi tenang karena silaturahim ya…. :) makasih banyak ya, Mbak.

  4. betul ustad….
    contohnya saya….bersilaturahmi dengan ustad…alhamdulillah…dpt buku…he he he…sekali lagi terimkasih banyak pak ustad…

  5. Sepakat dengan Pak Narno, silaturahmi blog salah satunya.
    Di dunia nyata kita belum ketemu, alhamdulillah dunia maya mempertemukan kita. :P

  6. ASSALAMU ALAIKUM.. RENCANA ANA MAU BIKIN JUDUL SKRIPSI TENTANG PEMIKIRAN ANTUM..TOLONG KLO ANTUM BERMINAT KIRIM BIOGRAFI LENGKAP SERTA KARYA KARYA ANTUM… TERIMAKASIH

    • wa’alaikumusalam wr.wb.
      Silakan, Mas Rizky. Mengenai biografi ada di sebelah kanan atas dari blog ini, sedang mengenai buku, selengkapnya klik link halaman/menu “buku” dari blog ini (atas). Makasih….

  7. maka dari itu blogwalking adalah salah satu silaturrahmi kita bersama di jejaring ini ya ustadz :)

  8. Ijin sharing ya pak…:)

  9. Ping-balik: Rahasia Umur Panjang |BlogCamppost

  10. dengan bersilaturahmi, kita bisa menjaga hubungan yg baik antara teman maupun saudara.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s