Bersuci dari Hadas Besar

Seorang Muslim yang sedang berhadas besar tidak sah bila mengerjakan ibadah, seperti shalat, thawaf, membawa dan membaca al-Qur’an, atau iktikaf di dalam masjid. Ia wajib bersuci terlebih dahulu. Cara bersuci dari hadas besar adalah dengan mandi.

a. Sebab atau Alasan yang Mewajibkan Mandi
Hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi berhadas besar sehingga wajib mandi agar kembali menjadi suci adalah sebagai berikut:

  1. Bersetubuh atau bertemunya dua khitan antara laki-laki dan perempuan (meskipun tidak keluar air mani).
  2. Keluarnya air mani (disebabkan bersetubuh atau sebab lain).
  3. Meninggal dunia (yang bukan mati syahid); sudah barang tentu pengertian mandi di sini adalah dimandikan.
  4. Selesai haid atau menstruasi.
  5. Setelah melahirkan.
  6. Selesai nifas (berhenti darahnya setelah melahirkan).

b. Fardhu dalam Mandi
Ketika seseorang akan melakukan mandi wajib maka harus memerhatikan hal-hal yang hukumnya fardhu atau yang harus dilakukan sebagai berikut:
1.    Berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar. Niat ini adanya di dalam hati, namun untuk menguatkannya maka lisan dapat mengucapkan niat sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ فَرْضًا لِلّهِ تَعَالىَ
Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillâhi ta’âlâ.

Artinya:
“Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah Ta’ala.”
2.    Membasuh seluruh tubuh dengan air yang suci sampai rata, yakni dari kepala (termasuk seluruh rambut) sampai dengan ujung kaki.
3.    Menghilangkan najis apabila ada yang melekat di badan.

c. Sunnah dalam Mandi
Sedangkan yang hukumnya sunnah ketika mandi untuk menghilangkan hadas besar adalah sebagai berikut:

  1. Mendahulukan untuk membasuh kotoran atau najis yang menempel di badan.
  2. Berwudhu sebelum mandi.
  3. Menghadap ke arah kiblat.
  4. Membaca basmalah (bismillâhir-rahmânir-rahîm) ketika akan memulai mandi.
  5. Mendahulukan anggota atau bagian badan yang sebelah kanan baru kemudian yang sebelah kiri.
  6. Membasuh badan sampai tiga (3) kali.
  7. Menggosok-gosok seluruh tubuh dengan tangan.
  8. Sambung-menyambung (muwalat) dalam membasuh anggota badan.

Demikian tulisan tentang bersuci dari hadas besar ini semoga bermanfaat buat pembaca tercinta.

About these ads

46 Komentar

Filed under Ibadah

46 responses to “Bersuci dari Hadas Besar

  1. Ini pasti bermanfaat Pak Ustadz……

  2. Terimakasih untuk selalu mengingatkan akan hal2 seperti ini.
    Salam dari jauh,

  3. Ilmu yang kelihatannya sepele dan dalilnya kurang dihapal, namun kalau tiba waktunya buat melaksanakan kadang bingung gimana yang bener :D

    Makasih pak, cuma bingung saja pada bagian “Berwudhu sebelum mandi.” Kalau sebelum berarti masih terkena najis, lalu kenapa wudhu kalau sudah akan mandi?

    • Sama-sama, Mas Tiyo Kamtiyono, makasih juga atas kunjungannya ya…
      Soal wudhu dulu sebelum mandi ini hukumnya sunnah. Jadi, jika tidak dilakukan juga tidak apa, namun sebaiknya dilakukan. Mengenai hikmahnya, di antara ulama menyampaikan untuk menyegarkan badan dan untuk mengembalikan tenaga atau ibaratnya sebagai pembuka sebelum badan terguyur air secara keseluruhan.

  4. Kadang orang tua lupa mengajari amandi wajib nak laki2nya pada saat dia awal baligh. Alasannya orang tua tidak tau kapan anak laki2nya mengalami mimpi basah pertamanya.
    Padahal ini sangat penting. Jadi orang tua harus mencari cara untuk memberitahukan kewajiban ini kepada anak laki2nya agar ditunaikan kewajiban mandi ini.

  5. Evi

    Kata orang minanglancar kaji karena i ulang. Terima kasih karena menyegarkankembali ingatan saya Pak:)

  6. Diantara penyebab mandi besar, perempuan kecipratan semua ya, Pak. :)

  7. waktu kelas 2 anak sy belajar materi ini di sekolah.. terima kasih sudah diingatkan kembali :)

  8. Sedikit manambahkan, yang juga perlu diperhatikan saat membasuh seluruh badan terkadang ada beberapa lipatan2 anggota tubuh dan lobang2 seperti ketiak, lutut, cuping telinga, lobang hidung, lobang pusar. Jangan sampai terlewat.
    *CMIIW

  9. artikel yang bermanfaat tadz.. terimakasih..

  10. Insya Allah informasi seperti ini berguna, agar hidup kita sesuai dengan tuntunan Islam :-)

  11. Kalo mimpi basah kan tidak membatalkan puasa Pak ustad! tapi apa perlu mandi juga??
    Perlu dicantumin juga kalo misalnya selama hadast besar ada anggota tubuh yang rontok,(misalnya rambut). Maka rambutnya juga perlu dimandikan biar nantinya nggak jadi api amaterasu saat di akhirat nanti.

    • Mas Rifai yang baik, mimpi basah tidak membatalkan puasa itu karena mimpi adalah perbuatan yang tidak sengaja atau di luar kesadaran. Dan mimpi basah sudah tentu harus mandi karena terjadi keluarnya sperma. Sedangkan soal rambut yang rontok harus dimandikan di kalangan ulama terjadi perbedaan pendapat.

  12. fi

    Syukran udah mengingatkan, Pak Ustadz..
    Mau nanya, Pak..

    Kan naskah saya udah diterima Diva Press, belum terbit. Saya ada naskah lain yang mau dilamarkan ke Diva juga, itu bisa ga Pak, ya?

  13. mohon pencerahannya pak ustad, saya pernah mendengar saat ramadan mandi wajib bisa dilakukan sesudah imsak sebelum subuh habis. Apa benar pak?

    • Mandi junub yang dilakukan sesudah imsak (dan sebelum shalat shubuh tentunya) tidak merusak puasa seseorang. Hal ini dapat kita perhatikan sebuah hadits diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah Saw. pernah mendapati waktu shubuh dalam keadaan junub karena jima’, bukan karena mimpi. Namun, beliau tidak Ifthar (berbuka) dan tidak pula mengqadla` (mengganti) puasanya.

  14. terimakasiih untuk postingannya sangat bermanfaaat sekali :)

  15. luar biasa pak… bermanfaat banget, mengingatkan sya yang agak lupa beberapa sunnahnya..

    thx for coming to my blog..
    sering kunjung2 yee.. hehe

  16. sekilas mudah ya pak, tapi kalau tidak tahu ilmunya ada saja kesalahan

  17. alief

    Pak ustad,saya mw nanya…klau kita tidak sengaja/sengaja mengeluarkan air mani…dan agak lambat untuk mandi bersih atau mandi suci untuk menghilangkan hadas besar,apa msih bisa ? Please dijawab pak ustad

  18. Uuk'

    Pak Ustad… Bersuci dari hadas itu disebut apa?

  19. Abi

    Apabila sudah melakukan mandi wajib Apakah ada larangan2 bagi laki-laki apabila berhadast besar,

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s