Bersih dari Dosa

Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla mewajibkan puasa Ramadhan dan aku menyunnahkan shalat (malam) pada bulan Ramadhan (shalat tarawih). Oleh karena itu, barangsiapa yang berpuasa dan melakukan shalat malam karena iman dan mengharapkan keridhaan Allah, akan bersih dari dosa-dosanya seperti pada hari ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Alangkah besar karunia yang diberikan oleh Allah Swt. kepada orang yang pada siang hari di bulan Ramadhan melakukan puasa dan pada malam harinya melaksanakan shalat malam dengan iman dan mengharap ridha-Nya. Orang yang bisa melakukan hal demikian akan diampuni dosa-dosanya sehingga ia bersih kembali sebagaimana dahulu kala ketika baru saja dilahirkan oleh ibunya. Padahal, selain Rasulullah Saw., siapakah yang bisa menjamin hidupnya bisa bersih dari dosa? Meskipun sudah berusaha dengan sepenuh kesadaran, ada saja saatnya khilaf datang dan akhirnya jiwa yang yang awalnya bersih menjadi ternoda oleh dosa. Apalagi bagi orang yang memang tidak bisa berhati-hati membawa hidupnya untuk menjauhi perbuatan dosa. Oleh karena itu, inilah saat di mana Allah Swt. memberikan ampunan yang seluas-luasnya. Alangkah ruginya apabila kita tidak bisa mendapatkan ampunan dari-Nya di bulan Ramadhan yang telah menghampiri usia kita.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

35 Komentar

Filed under Ibadah

35 responses to “Bersih dari Dosa

  1. smoga Allah..mengampuni dosa2 kita…aamiin

  2. bener banget pak, dengan shalat Allah akan mengampuni dosa2 kita.. semoga kita tetap istiqamah di Ramadhan kita ini.. selamat berpuasa pak

  3. Aamiin ya robbal’alamiin, semoga kita termasuk dalam golongan ini Pak Ustadz..

  4. Amin..semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita

  5. Amiin.. Semoga tidak termasuk orang yang merugi…

  6. mumpung dibulan yang suci ini ayooo kita berlomba2 mecari mapunan……..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  7. Setiap orang pasti tidak luput dari berbuat dosa. Dosa yang tidak disengaja adalah rencanaNya untuk kita belajar memperbaiki diri.

  8. semoga Allah SWT menerima taubat atas dosa-dosa yang tlah kita perbuat, dan semoga Ramadhan kali ini benar-benar kita bisa mengoptimalkan atas pahala yang disebar oleh Allah SWT

  9. Amin… semoga Allah mengampuni dosa2 kita semua, manusia tidak ada yang sempurna kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

  10. Semoga debu-debu HITAM ini
    dapat luruh pada bulan yang suci dan
    penuh Rahmat ini…!
    __salam takzim nan hangat selalu mas Azzet____

  11. Amin, itu semua doa dari kita semua bapak. Mudah2an terkabul dan kita hadir di Idul Fitri dalam keadaan bersih seperti bayi…

  12. Bulan ramadhan sebagai bulan pengampunan, maka perbanyaklah minta ampun kepada Allah karena Allah Maha Pengampun sekalipun dosa dari hambaNya itu sebanyak buih di lautan. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan kekhilafan kita.

  13. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Subhanallah… maha penyayangnya Allah kepada hamba-hamba yang mahu melaksanakan ibadah di siang dan malam di bulan puasa. Limpahan karunia yang hebat ini tentu sekali tidak diperolehi di bulan yang lain. Keletihan bukan menjadi alasan untuk kita beribadah di malamnya jika benar2 ingin jadi hamba Allah yang qanaah dan tawadhuk.

    Benar sekali mas, jika cinta kita sudah tinggi kepada Allah dan dunia ini bukan lagi menjadi tujuannya, ibadah malam baik di bulan biasa apatah lagi kalau di bulan Ramadhan tidak menjadi berat malah membuat rasa tenteram dan damai bertambah kerana kedekatan kita kepada-Nya.

    Mudahan Allah memberi kekuatan jasad untuk keteguhan iman untuk melawan bafsu malas dlam beramal ibadah. Sabar dan mengharapkan keredhaan-Nya bisa membuat kita mudah untuk melaksanakan perintah Allah. Aamiin.

    Salam Ramadhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak.😀

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Subhanallah walhamdulillah…, terima kasih banyak, Mbak Fatimah, atas kunjungannya di bulan Ramadhan ini. Sungguh, kita sama berharap agar kita dapat melaksanakan puasa Ramadhan dengan baik, menambah dengan berbagai amalan sunnah lainnya, dan tentunya kita sangat berharap agar amalan kita mendapatkan ridha Allah Swt.

      Di sinilah sesungguhnya keimanan kita diuji; apakah kita berpuasa dengan sebaik-baiknya hanya karena Allah atau karena yang lain. Dan, di sinilah sesungguhnya keimanan kita diuji untuk bersenang hati melaksanakan perintah-Nya ataukah dengan berat hati.

      Mudah-mudahan Allah Swt. memberikan kemudahan bagi kita untuk bersungguh-sungguh mengisi Ramadhan tahun ini dengan berbagai amalan shalih.

      Salam Ramadhan karim dari Jogja.

  14. Subhanallah,,
    Amiin,, Allah akan mengampuni segala dosa yang menempel pada hambanya. Semoga kita termasuk hamba yang di ridloinya. Amiiin,.

  15. Semoga Malam Lailatul Qadar menghampiri kita …amin

  16. Semoga saya tidak termasuk orang yang merugi itu Pak.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s