Rahasia Didoakan Malaikat Agar Mendapatkan Rahmat

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatkan dua puluh lima kali lipat atas shalat sendiri yang dikerjakan di rumah atau di pasar. Hal itu apabila ia berwudhu dengan sempurna, kemudian ia keluar menuju ke masjid dengan niat hanya untuk shalat, maka setiap kali ia melangkah, derajatnya dinaikkan dan kesalahan (dosa)nya diturunkan. Lalu, ketika ia melakukan shalat, malaikat senantiasa memohonkan ampun dan rahmat untuknya, selama ia masih tetap berada di tempat shalatnya dan tidak berhadas. Malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Dan tetap dianggap berada dalam shalat (mendapat pahala seperti itu), selama ia menanti shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Duhai, pembaca tercinta, siapakah yang tidak tergetar hatinya membaca sabda Nabi Muhammad Saw. yang mulia, bahwa setiap kali seseorang melangkah menuju masjid untuk shalat berjamaah, derajatnya dinaikkan dan kesalahan (dosa)nya diturunkan. Betapa hati kita tidak tergetar duhai pembaca, ketika malaikat berdoa, “Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.” Kita membayangkan seandainya yang didoakan malaikat itu adalah kita. Betapa bahagianya didoakan malaikat. Sungguh, ini adalah amalan rahasia yang telah dibeberkan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada umatnya, termasuk kita.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

18 Komentar

Filed under Hikmah

18 responses to “Rahasia Didoakan Malaikat Agar Mendapatkan Rahmat

  1. sungguh besar sekali faedah shalat berjamaah di masjid ya pak ustadz..
    namun terkadang masih saja enggan melakukannya……😦

  2. Subhanallah, siapa yg tak ingin didoakan malaikat?😥

  3. menjadi renungan untuk kita semua

  4. hmmmm, tapi kalo mau didoain, apa mesti berjamaah dulu yaa?

    • Dalam konteks hadits tersebut memang ya. Namun, bila ingin didoakan malaikat, bisa juga dengan cara tidaur dlm keadaan bersuci. Hal ini dpt kita ketahui dari Abdullah bin Umar r.a., bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa `Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'” (HR. Ibunu Hibban, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih at-Targhib wat-Tarhib)

  5. Subhanallah🙂
    Makasih untuk ilmunya..
    Semoga kita semuanya bisa mengamalkan ..

    aamiin yaa Allah

  6. fi

    dua puluh lima kali apa dua puluh tujuh kali ya ustadz?
    saya ga punya teman berjamaah di kos ni.. caranya bagaimana ya..?

    • Dalam riwayat tersebut disebutkan dua puluh lima kali lipat; dalam riwayat yang lain disebutkan dua puluh tujuh derajat, yakni dari Abdullah Ibnu Umar r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Shalat berjamaah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.” (Muttafaq Alaihi)

  7. terimakasih.. semoga artikelnya bisa mengingatkan kita utk ikut sholat berjamaah..

  8. Fauziah Amin

    Terima kasih banyak Ustadz….Tulisan tsb mendorong saya untuk meringankan langkah menuju ke masjid. Walaupun di masjid dekat rumah saya sholat jamaah wanita adanya hanya waktu sholat subuh.

  9. semoga kita dapat pahala dan di ampunkan dosa kita atas tolongan doa malaikat..amin ya robb

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s