Bertaubat, Lantas Memperbanyak Amal Shalih

Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada.

Penting untuk ditandaskan di sini, bahwa setelah memohon ampunan dan bertaubat, hal yang mesti dilakukan adalah segera memperbanyak amal shalih. Sebab, tidak sedikit orang yang telah memohon ampunan dan bertaubat tidak segera memperbanyak amal shalih. Mengapa bisa demikian?

Hal ini barangkali ia telah merasa aman dari azab Allah karena telah bertaubat dan tidak melakukan dosa besar lagi. Orang yang semacam ini perlu memahami bahwa bertaubat tidak hanya dari dosa besar saja sebagaimana yang telah kita bahas di muka. Maka, setelah bertaubat segera berbuat banyak kebaikan adalah keharusan bila seseorang ingin hidupnya lebih mulia dan semakin berbahagia.

Allah Swt. berfirman, “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Hud [11]: 114).

Sebab dari turunnya ayat atau asbabun nuzul ayat tersebut disebutkan dalam sebuah hadits Nabi Saw. yang ada dalam Shahih Muslim sebagai berikut:

Bahwa seorang lelaki telah mencium seorang perempuan, lalu orang itu datang menemui Nabi Saw. untuk menceritakan hal itu kepada beliau. Maka turunlah ayat, “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” Lelaki itu bertanya, “Apakah ayat ini untukku, wahai Rasulullah?” Rasulullah Saw. bersabda, “Untuk siapa saja di antara umatku yang melakukan hal itu.”

Dengan demikian, jika seseorang telah memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah Swt., lantas bersegera menebus kesalahan di masa lalu dengan memperbanyak amal shalih, maka hidupnya akan semakin dekat dengan rahmat Allah ‘Azza wa Jalla. Hal ini adalah upaya positif yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk menyongsong kehidupan di masa depan yang lebih membahagiakan.

Akhirnya, semoga kita mampu untuk selalu memohon ampun dan bertaubat kepada-Nya, serta memperbanyak amal shalih. Semoga kehidupan kita di masa depan, bersama anak dan istri, serta saudara-saudara tercinta, baik di dunia maupun di akhirat, akan lebih baik lagi dan semakin berbahagia. Allahumma aamiin.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

44 Komentar

Filed under Menuju Cahaya

44 responses to “Bertaubat, Lantas Memperbanyak Amal Shalih

  1. baju wanita

    salam kenal yaaa…

  2. benar sekali pak, jangan cuma bertaubat dan terus memohon ampun tapi amalnya Nol. Sama saja tiada guna..

    Salam..

  3. semoga Allah selalu membimbing kita dalam setiap langkah yg kita buat

  4. bagaimana seseorang bisa dikatakan bener-bener bertobat….

  5. Wah ada foto Masjid UGM, saya baru sekali “mampir” ke sana..

  6. Irfan Handi

    Semoga kita selalu diberi Rahmat dan hidayah-Nya Pak ustadz, Amin.

  7. Aamiin Ya Robb atas doanya yg terakhir…

  8. hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik dan menambah pengetahuan .
    makasih infonya yya gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.the-netwerk.com

  9. Kadang kita (baca: saya) sudah minta ampunan, tapi masih mengulangi hal yang sama.. ==’

  10. Terima kasih pengingatnya Pak Ustadz..

  11. bertaubat dan memperbanyak amal shalih…

  12. kira

    aamiin… 🙂

  13. Insya Allah, Dia akan selalu menjaga umat Nya yang benar-benar melakukan taubat dan menjalankan seluruh kewajibannya sebagai umat Nya 🙂

    -Salam Hangat-

  14. benar sekali pak ustadz, bertobat pun tak cukup dengan hanya berdiam berhenti untuk tidak melakukan hal2 yang dilarang oleh Allah, namun juga tetap melakukan kegiatan amaliyah untuk menambah beban timbangan kebaikan sebagai bekal nanti di akhirat

  15. terima kasih atas kunjungannnya ke blog saya di Catatan Tanpa Nama. Itu ringkasan dari uneg-uneg di blog lain di Blogspot, hanya saja dihilangkan kejadian yang bikin terinspirasi. saya follow di blog saya yang blogspot ya pak…
    http://amiratnawatiutami.blogspot.com/
    http://ratnawatiutami.blogspot.com/

  16. Betul bang, dan amal yang paling baik itu adalah kalau tidak salah, amal sholih yang continue dilakukan. bukan begitu bang?

  17. diketik

    Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe 🙂
    Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya 🙂
    salam persahabatan 🙂

  18. Uraian pada tulisan ini cukup menarik, pesannya benar-benar tersampaikan. Mungkin karena sifat manusia yang lupa atau salah dalam mengartikan – dalam hal ini mengenai tobat – sehingga kurang memperbanyak amal shalih setelah tobat.

    Penting untuk “ditandaskan” di sini, bahwa setelah memohon ampunan dan bertaubat, hal yang mesti dilakukan adalah segera memperbanyak amal shalih.

    Sengaja saya berikan tanda petik dua pada kata ditandaskan diatas yang terdapat pada paragraf pertama karena saya ingin tau apa arti dari kata tersebut? ditegaskan-kah? soalnya kalo disini, tandas itu toilet.

    wah, itu masjid kampus UGM ya…
    Alhamdulillah, saya sempat Shalat di sana saat berkunjung ke UGM beberapa tahun siam 🙂

    • Terima kasih banyak ya…. Mengenai kata “ditadaskan”, terambil dari kata “tandas”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “tandas” mempunyai tiga makna, yaitu:

      (1) habis semuanya; hilang sama sekali; habis-habisan; (2) pasti dan tegas sekali; (dng) jelas; nyata; (3) jamban, kakus (di atas selokan dsb); 2 tempat mandi (di sungai); pemandian.

      Dalam kalimat yang ada dalam tulisan saya tersebut bermakna yang kedua (2). Nuwun….

  19. Fauziah Amin

    Alhamdulillah, hari ini dapat pencerahan…dorongan untuk memperbanyak amal shalih

  20. Syukron atas sharingnya..bermanfaat banget buat emak emak yang sering galau seperti saya, namanya manusia pasti tidak luput dari perbuatan dosa dan khilaf, apapun itu bentuknya khilaf dengan melakukan perbuatan dosa baik melalui perbuatan, omongan, tindakan, tingkah laku..semoga dengan bertaubat kemudian dibarengi dengan amal shalih terus menerus, allah swt mengampuni dosa dosa kita…*amien insyallah…
    bermanfaat banget postingannya..
    Happy Eid mubarok, semoga semangat idul Qurban selalu ada dihati kita semua dan semoga allah memberikan kita kesehatan dan umur panjang sehingga bisa bertemu dengan idul qurban tahun depan *amien..insyallah

  21. Saya sangat setujuuu… Bertaubat Lantas Memperbanyak Amal Shalih, karena bertaubat dengan sungguh-sungguh maka di terima taubat kita 🙂

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s