Badan Sehat dengan Jintan Hitam

Terkait dengan kesehatan, dalam Shahih Muslim (nomor 4104) disebutkan sebuah hadits, yakni dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian.”

Apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw. ini menarik karena saya dan juga semua umat Islam mengakui bahwa Nabi Saw. adalah sosok mulia yang luar biasa cerdas. Beliau dikenal sebagai pribadi yang bisa menyembuhkan beragam penyakit; itulah mengapa akhirnya kita mengenal istilah “pengobatan ala Nabi”. Setiap perilaku beliau tidak jarang baru dinilai sebagai mukjizat setelah terbukti oleh pengetahuan modern yang mengamini bahwa yang dilakukan oleh Nabi Saw. sungguh ilmiah dan sangat dibutuhkan dalam dunia medis.

Misalnya, ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda, “Sucinya wadah salah seorang di antara kalian jika anjing menjilatinya adalah dengan mencucinya tujuh kali, yang pertama dengan tanah/pasir.” Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim.

Menyikapi hadits tersebut, para sahabat tidak banyak bertanya karena itu adalah bagian dari perintah Rasulullah Saw. berkaitan dengan cara membersihkan wadah atau sesuatu apabila terkena jilatan anjing. Tetapi, apabila hadits ini ditanyakan, misalnya, mengapa dengan tanah/pasir, bukankah nanti malah kotor? Ternyata, petunjuk Nabi Saw. ini mengandung hikmah yang luar biasa.

Riset ilmu pengetahuan membuktikan bahwa air liur anjing itu mengandung mikroba yang membawa bibit penyakit. Dan, benda yang terkena air liur anjing itu tidak bisa bersih sempurna apabila hanya dibersihkan dengan air dan sabun cuci. Hal ini bisa diketahui setelah dilihat di bawah mikroskop. Apa yang terjadi jika dibersihkan yang salah satunya dengan tanah/pasir sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi Saw.? Ternyata, ilmu pengetahuan modern baru mengetahui kalau dicampur dengan tanah/pasir maka mikroba yang mengandung penyakit bekas jilatan anjing bisa bersih sempurna. Padahal, pada zaman Nabi Saw. belum ada labolatorium untuk menguji mengenai persoalan ini.

Demikian pula dengan jintan hitam atau habbatusauda atau nigella sativa. Ternyata, penelitian modern menyebutkan bahwa mengonsumsi jintan hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini diakui oleh Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich. Juga DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine di Universitas King Faisal. Ini karena jintan hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami; efektivitasnya hingga 72% apabila dibandingkan dengan plasebo yang hanya 7%. Dengan demikian, mengonsumsi jintan hitam dapat menjaga stamina agar senantiasa vit dan tidak mudah sakit.

Jintan hitam juga mengandung saponin yang dapat menetralisasi dan membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan jintan hitam adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesis dan bioaktivitas hormon, termasuk dalam hal ini hormon reproduksi yang terkait erat dengan gairah sesksual. Di samping itu, juga mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich juga pernah melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat, dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella sativa atau jintan hitam.

Bagi perempuan yang sedang hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi jintan hitam karena kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak jintan hitam dapat melancarkan air susu ibu. Kandungan yang ada dalam jintan hitam juga penting untuk meremajakan sel-sel kulit, sehingga kulit tidak mudah keriput dan tampak sehat serta halus.

Sesungguhnya masih banyak manfaat atau khasiat dari jintan hitam yang ditemukan dari hasil penelitian para ahli. Dan, untuk mendapatkan jintan hitam atau habbatusauda, saat ini sudah banyak beredar di pasaran, baik yang dalam bentuk bubuk yang dibungkus dalam kapsul atau dalam bentuk minyak yang dibungkus dalam kapsul. Bagi orang yang sedang sakit penting mengonsumsi jintan hitam agar sakitnya segera sembuh. Bagi yang tidak sedang sakit tetap penting mengonsumsi jintan hitam agar badan tetap sehat dan penuh vitalitas.

Saya sendiri tidak setiap hari mengonsumsi jintan hitam ini. Ketika badan terasa capek oleh aktivitas yang lebih banyak dari biasanya, malam sebelum tidur saya meminumnya. Bangun pagi, alhamdulillah badan terasa segar kembali.

Salam sehat selalu,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

22 Komentar

Filed under Keluarga

22 responses to “Badan Sehat dengan Jintan Hitam

  1. Jintan hitam itu sudah dikemas dalam minuman atau kapsul atau pil mas ?
    Kayaknya perlu persediaan nich
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

  2. jenis habatus itu kan berbahan jintan hitam juga ya? Saya juga konsumsi habatuss itu..

  3. 'Ne

    yang sudah di kemas ini bisa di beli di apotik juga Pak? atau hanya di toko obat tradisional saja?
    terima kasih infonya..

  4. niken

    Keluarga saya sdh lama meninggalkan obat farmasi dan hanya mengkonsumsi madu, sari kurma dan habbatussaudah. Habbat saya sediakan dlm 2 bentuk. Yg kapsul buat yg sdh bisa minum kapsul dan yang minyak buat yang blm bisa minum kapsul.
    Kalau sdg sakit, diminum 3x sehari. Panas juga minum madu saja.
    Alhamdulillah, Allah tak pernah ingkar dgn janjiNya. Atas ijinNya… Anak2 sembuh dgn 3 macam itu.

  5. saya sdh pernah mengkonsumsi jintan hitam yg dikemas kapsul itu…tapi karena kurang telaten jadi ga rutin.. hehe… jadi pengen mulai lagi ah..makasih share nya mas… oya, yg di gambar itu apa bunga jintan hitam? bagus juga ya…

  6. Untuk tanaman aslinya saya belom pernah lihat bagaimana wujudnya. Tapi untuk produk olahannya sudah sering ketemu dan mengkonsumsi meskipun tidak rutin.

  7. wah, jintan hitam ternyata manfaatnya besar sekali

  8. Subhanallah, saya masih harus banyak belajar tentang sunnah rosul.agar lebih bermanfaat.

  9. Gmc Paradise

    niceinpo

  10. Betul bang, emang habbatussauda berkhasiat menyembuhkan penyakit dengan seizin Allah.. Saya juga sekarang udah hampir ga pernah minum obat2an yang kimia, beralih ke habbatussauda…

    Makasih infonya bang..

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s