Mengatasi Anak yang Memberontak

anak-anak di rumah mas azzetAnak memberontak pasti ada sebabnya. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus mengetahui apa penyebab anak memberontak. Di antara penyebab dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

Orangtua Menuntut Secara Berlebihan
Orangtua kadang menginginkan agar anaknya melakukan sesuatu atau bersikap sesuai dengan yang dinginkannya; atau orangtua memerintahkan kepada anaknya untuk melakukan sesuatu dengan cara mendesak. Namun, bila hal ini yang dilakukan oleh orangtua, biasanya orangtua tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkannya. Anak cenderung memberontak atau tidak mau melaksanakan apa yang dituntutkan kepadanya bila dilakukan secara berlebihan atau diperintah secara mendesak. Di saat seperti ini, orangtua semestinya memahami kondisi sang anak. Cara yang paling efektif untuk mengatasi anak yang memberontak akibat dari “tekanan” dari orangtua seperti ini adalah mengurangi ketegangan dengan cara orangtua memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melakukan sesuatu atau bersikap sesuai dengan keinginan, kondisi, dan kebutuhannya.

Orangtua Bersikap Kaku
Sebelum membahas masalah ini, ada pertanyaan penting yang perlu kita jawab, yakni bagaimana perasaan kita apabila menghadapi orang yang bersikap kaku, hanya pendapatnya yang dianggap benar, dan tidak mau kompromi dengan orang lain? Sudah tentu kita akan merasa tidak nyaman, kurang suka, dan rasanya tidak ingin menjalin komunikasi lebih lanjut. Demikian pula dengan anak kita. Apabila kita sebagai orangtua bersikap kaku atau bahkan keras terhadap anak-anak justru akan membuat mereka tidak nyaman, kurang atau bahkan tidak suka, dan akhirnya menjadi pemberontak. Sungguh, sikap mau kompromi dan lunak dari orangtua sangat dibutuhkan untuk mengatasi anak yang sudah telanjur menjadi pemberontak oleh karena sikap kaku orangtua.

Demikian postingan pendek ini dan semoga bermanfaat bagi kita bersama.

Salam keluarga bahagia,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

31 Komentar

Filed under Keluarga

31 responses to “Mengatasi Anak yang Memberontak

  1. saya harus belajar banyak Pak
    karena baru punya anak usia 13 bulan 🙂

  2. duh,,ingat kejadian siang tadi 😦

  3. sangat bermanfaat pak, terutama saya sebagai orang tua.. Terimakasih banyak pak..

  4. postingan yang sangat bermanfaat nih mas, mengingatkan saya selaku umi untuk selalu berusaha bijak dalam mengarahkan ananda saya…. thanks yaaa

  5. Dialog memang harus menjadi budaya dalam keluarga. Namun demikian orangtua harus bijak dalam menyikapi rengekan anak-anak. Kalau memanjakan terus akan bisa berakibat tak baik bagi semuanya.

    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Surabaya

  6. nabils29

    Jangan terlalu kaku dan jangan menuntut berlebihan…. lebih baik luwes namun tidak menyimpang….. agar anak tidak memberontak… 🙂

  7. Iya Pak Azzet
    Ada sodara yang terlalu menuntut anaknya ini dan itu, harus jadi juara itu dan ini, buntutnya malah si anak sulit diatur
    Kasian keduanya, baik anak dan ortunya
    Apa yg terbaik menurut ortu belum tentu baik menurut anak.

  8. blue harus belajar dan belajar kayaknya

  9. saya menyukai kesabaran dan produktivitas mas Azzet

  10. andai yisha bisa……….

  11. Saya juga perlu belajar banyak nih dalam hal ini. Belajar dari pengalaman keluarga dan juga pengalaman orang lain sehingga bisa mengambil hasil yang positif.

  12. saya simpen dulu sampe nanti punya anak hehee

  13. assalamu alaikum wr. wb..
    syukran ilmunya pak,
    mmhh… bisa dijadikan sebgai bahan persiapan tuk menjadi orangtua yang lebih baik lagi 🙂

  14. gampang2 susah ya pak, terlalu ketat jadi berontak, terlalu lemah jadi bebas. mungkin harus didalami lagi bagaimana sifat anak, dan mendidik dengan cara yang baik. karena pastinya anak itu kan amanah utnuk di rawat dan di didik.

  15. Ping-balik: Anak Anda Memberontak? | Akhmad Muhaimin Azzet

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s