Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Penulis bersama santri TPA Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru.

Dalam proses belajar mengajar di sekolah, anak didik harus dibangun agar mempunyai rasa percaya diri yang baik. Rasa percaya diri dapat dimunculkan dengan memberikan bantuan kepada anak didik untuk menemukan kelebihan atau potensi yang ia miliki.

Sungguh, setiap anak manusia mendapatkan anugerah dari Tuhan berupa kelebihan, potensi, atau kecerdasan yang sangat perlu untuk dikembangkan. Di sinilah dibutuhkan kedekatan, kejelian, dan kesabaran dari seorang guru untuk bisa menemukan sekaligus mengembangkan kelebihan atau potensi yang dimiliki oleh anak didiknya.

Termasuk bagian dari memunculkan rasa percaya diri anak didik adalah memberikan kepadanya kesempatan untuk mengerjakan sesuatu dengan penuh kepercayaan. Ya, anak yang diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu hal dengan sendirinya akan tumbuh dan berkembang rasa percaya dirinya.

Tidak jarang anak tak mempunyai rasa percaya diri karena memang tidak diberi kepercayaan dalam melakukan sesuatu. Dalam banyak kasus, orangtua tidak membangun rasa percaya diri anaknya atau justru bahkan mematikannya. Dengan alasan cinta dan khawatir yang berlebihan, orangtua terlalu melindungi anaknya sehingga dilarang untuk melakukan segala sesuatu. Ironisnya, ketika mendapatkan pekerjaan rumah dari sekolah pun ternyata—dengan alasan memberikan bantuan—orangtua malah yang mengerjakannya.

Di sinilah sesungguhnya orangtua dan guru di sekolah hendaknya bisa memberikan kepercayaan kepada anak didik agar tumbuh rasa percaya dirinya.

Membangun rasa percaya diri anak didik ini adalah hal yang sangat penting. Sekadar contoh, ada seorang anak yang kecerdasan intelektualnya cukup bagus, namun apabila rasa percaya dirinya lemah, maka akan sulit bagi dia untuk memperoleh keberhasilan ketika melakukan sebuah usaha.

Dalam banyak kasus, rasa percaya diri seseorang bahkan diyakini sebagai kunci keberhasilan dalam kehidupan ini. Tanpa adanya kepercayaan diri yang baik, potensi atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang bukannya bisa berkembang, akan tetapi justru semakin redup atau bahkan malah mati.

Oleh karena itu, rasa percaya diri harus dibangun dengan baik, meskipun juga tidak boleh berlebihan. Sebab, bila berlebihan, akan membuat seseorang kehilangan perhitungan, atau bahkan sombong.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s