Bacaan Khusus Saat Hamil Tua atau Menjelang Melahirkan

Pada saat putri Nabi Muhammad Saw., yakni Fathimah Al-Zahra r.a., sedang hamil tua atau mendekati masa melahirkan anaknya, Rasulullah Saw. meminta kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsy untuk membacakan beberapa bacaan di dekat Fathimah r.a. Adapun beberapa bacaan yang diperintahkan oleh Rasulullah Saw. Pada waktu itu adalah sebagai berikut:

a. Ayat Kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi (ilmu atau kekuasaan) Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.” (QS. al-Baqarah [2]: 255).

b. Surat al-A’râf Ayat 54:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Mahasuci Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. al-A’râf [7]: 54).

c. Surat Yunus Ayat 3:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorang pun yang akan memberi syafaat kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?” (QS. Yunus [10]: 3).

d. Surat al-Falaq:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

“Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (QS. al-Falaq [113]: 1-5).

e. Surat an-Nâs:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

“Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (QS. an-Nâs [114]: 1-6).

Demikianlah. Semoga dengan dibacakan ayat-ayat tersebut ibu yang sedang hamil dan janin yang ada dalam kandungannya semakin dekat dengan Allah Swt., senantiasa mendapatkan perlindungan-Nya, dan diberi kemudahan dalam melahirkan.

Salam keluarga bahagia,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

45 Komentar

Filed under Keluarga

45 responses to “Bacaan Khusus Saat Hamil Tua atau Menjelang Melahirkan

  1. makasih Pak. Saya mau truskan ke adik saya yabg sedang mengandung..

  2. Walau sudah lewat masanya, tapi tetap bisa dicatat untuk mengingatkan adik, teman atau saudara.
    Makasih pak Azzet.

  3. Ini buat catatan khusus untuk kelak, Pak Ustadz. 🙂
    Oiya, Ada yang bilang kalau anaknya mau bagus baca surat Yusup dan kalau ingin cantik banyak2 baca surat maryam. Itu kayaknya mitos ya, Pak? Atau memang iya? 🙂

    • Ohya, silakan Mbak Idah Ceris. Semoga segera lulus dan terkabul apa yang dicita dan cintakan. Aaamiin…

      Mengenai membaca surat Yusuf dan Maryam memang tidak ditemukan dalil yang memerintahkannya secara khusus untuk dibacakan bagi wanita yang sedang hamil. Namun, betapa penting bagi wanita yang hamil membaca atau mendengarkan bacaan al-Qur’an, termasuk surat Yusuf dan Maryam. Di samping untuk mendekatkan diri kepada Allah, juga bacaan al-Qur’an yang tartil sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Demikian, wallahu a’lam.

  4. Evi

    Semoga yang sedang hamil maupun yang akan hamil, berkesempatan membaca tulisan Pak Azzet ini. Amin

  5. Matur suwun Pak Ustadz…..
    nanti buat persiapan kl sudah punya istri.. 🙂

  6. Eko Widianto

    Alhamdulilah, bertambah lagi ilmu saya…
    Matur nuwun pak ustadz atas bimbingannya…. semoga kesehatan selalu terlimpah kepada pak ustadz dan keluarga..
    Kepada ibu-ibu yang lagi hamil jangan cuma membaca surat Maryam dan Yusuf aja ya.. he..he jangan lupa baca juga surat Muhammad juga…
    Nabi kita Sayyidina Muhammad juga ganteng lho, dan juga memiliki akhlak yang paling mulia diantara manusia…

    Bukankah begitu nggih pak ustadz… 🙂

    Salam

    • Alhamdulillah…, makasih banyak ya, Mas Eko, atas kunjungan dan tambahannya. Iya benar sekali, bacaan al-Qur’an yang tartil sangat penting untuk dilakukan bagi wanita yang hamil, termasuk surat Muhammad. Sekali lagi, makasih banyak ya, Mas.

      Salam hangat dari Jogja.

  7. Terima kasih pak, kebetulan saya sedang hamil tua. Artikel ini sangat bermanfaat buat saya 🙂

  8. Wah…, saya belum nikah nih kang, terus gimana dunk ??? :LOL:

  9. Pada intinya semua amalan akan mendekatkan diri kita kepada Allah agar diberikan keselamatan dan perlindunganNya. Bagi yang belum nikah, ya nikah dulu lah, karena menikah itu selain sunnah Nabi juga akan menyempurnakan setengah dari agama.

  10. Sebaik-baik bacaan adalah Kitabulloh…..tentunya kita ingin memberikan yang TERBAIK untuk bayi kita….Syukron Ustadz untuk sharing-nya.

  11. nice info nih… sangat brmanfaat

  12. Sudah lama mampir di mari, baru ini baca artikel ini. Izin share buat jaga – jaga..

  13. Assalamu’alaikum pak..
    Fallon ijin share ya pak..
    Trimakasih ^-^ atas informasinya…

  14. Mochamad Firmansyah

    Assalamualaikum,

    Terima kasih atas ilmunya, mudah-mudahan menjadi amal yang bermanfaat khusus bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca termasuk saya. Salam kenal dari saya dan keluarga, minta do’a nya agar persalinan istri saya diberikan kelancaran.

    Salam Hangat untuk semua pembaca,
    Mochamad Firmansyah
    Bandung

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah…, terima kasih banyak ya, Mas Mochamad Firmansyah, telah singgah di blog sederhana ini. Salam kenal juga yaaa. Sungguh, saya juga berdoa semoga persalinan istri panjenengan diberi kelancaran oleh Allah Swt.

      Salam hangat dari Jogja 🙂

  15. Didik purwinoto

    Trimakasih mas,
    Ni istri saya sedang hamil dan semoga persalinanya lancar tak da hambatan apapun amiin

  16. Bermanfaat sekali 🙂 trm ksh

  17. wahyanto

    Qobiltu pak ustad mohon doanya agar istri saya skrg yg mau melahirkan segera lahir dan di beri keselamatan. Semuanya,amin.

  18. Apple

    Terima kasih atas perkongsian ilmu yang bermanfaat ustaz. Namun,apakah maksud hamil tua itu?

  19. Alhamdulilah, ustad bertambah lagi pengetahuan saya. Selama ini yang saya tahu cuma suruh perbanyak surat yusuf atau surat maryam.

  20. aan

    syukron ustadz…bisa diamalkan ya..mohon doanya ..moga istri saya yg sedang hamil diberikan kelancaran n keselamatan sampai melahirkan.amiin

  21. Alank

    Mohon doa nya pak ustad krn istriku sedang hamil tua skrg mudah2 melahirkan normal dan selamat. Amin

  22. Alank

    Amin ya robbal al amin

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s